Kuliah

Kuliah

Index

Saya sudah terobsesi masuk Universitas Indonesia dari sejak kecil. Sudah bercita-cita mengenakan jas kuning kebesaran yg membanggakan itu. Tapi, siapa sih yg tidak ingin masuk situ? Saya harus berjuang untuk sebuah kursi mengalahkan beberapa ribu manusia lain yg mungkin jauh lebih pantas masuk sana daripada saya. Berat, dan jujur saja, membuat saya sedikit minder dan tidak yakin.

Beberapa kali mengobrol dengan orangtua dan kakak mengenai kuliah, sampailah saya pada satu kesimpulan. Bahwa sebenarnya, kuliah itu bukan dimana-nya yg penting. Tapi, usaha dan bagaimana kita bertahan ketika sudah masuk dalam sebuah universitas itu yg penting. Bagaimana jadinya kalau saya masuk UI, tapi lalu stuck dengan IP hanya 2,00 atau malah kurang? Lebih baik saya masuk universitas lain yg mungkin tidak se-prestigious UI tapi saya bisa ‘menanjak’ dengan IP 3,00 keatas. Syukur alhamdulillah kalau saya bisa lulus dengan tambahan cum-laude atau mungkin hanya menghabiskan waktu 3,5 tahun perkuliahan. Sebuah kebanggaan memang apabila saya tetap bisa masuk UI dan bertahan dengan IP bagus. Tapi sekali lagi, siapa yg tidak ingin begitu?

Saya tidak menutup kemungkinan atau keinginan untuk tetap masuk universitas bergengsi tersebut, tapi ketika dunia pendidikan di Indonesia semakin absurd dan tidak masuk akal, yg saya bisa lakukan setidaknya adalah realistis dengan keadaan, bukan? Saya tidak mau menjadi salah satu dari sekian orang yg sampai taraf depresi karena gagal masuk universitas pilihan. Menetapkan beberapa pilihan selain cita-cita masa kecil saya itu bukanlah sesuatu yg terlarang, kok. Malah sebenarnya sangat dianjurkan untuk meminimalisir segala bentuk kekecewaan yg mungkin akan terjadi nantinya.

Tapi, cita-cita tetap akan saya usahakan untuk tercapai. I’d do anything to get in there. Anything I can. Please, wish me a lot lucks!

Leave a Reply

