What’s Left Unspoken

What’s Left Unspoken

Apapun yg tak sanggup diucapkan mulut dan yg tak mampu dirasakan hati adalah sesuatu yg paling dalam dan intim dengan diri sendiri. Entah sakit, mimpi, bahagia, rahasia, apapun. Seperti seorang pernah bilang ke saya bahwa hati menyimpan terlalu banyak rasa yg bahkan seringnya tak lagi masuk ke dalam otak. Akal pikiran tak mampu menjangkau apa yg hati rasakan. Apa yg tersimpan di dalam hati, pastinya intim dan sakral. Antara diri sendiri dan Tuhan.

Dan saya.. Punya terlalu banyak hal yg mulut tak bisa ucapkan dan hati takut rasakan. Saya punya terlalu banyak rasa yg tertinggal dalam sudut-sudut gelap, lupa untuk terjamah dan berdebu ditelan kala. Tenggelam dalam pikiran-pikiran positif yg sekarang terasa menyesatkan hati saya. Bahkan tepat saat sekarang ketika kata-kata sudah berlonjak-lonjak di pikiran saya, jemari saya tak kuat menuangkannya dalam tulisan ini, Bom waktu lah yg saya pelihara di hati terdalam. Menunggu waktu tidak tepat untuk meledak di tempat yg tidak tepat dan pada orang yg pasti tak akan tepat pula. Beramai-ramai orang berusaha membantu saya, menjinakkan bom ini agar jarum-jarumnya berhenti bergerak menipiskan waktu yg semakin sedikit. Tapi tak ada hasil. Bahkan tergoda sedikit pun tidak. Bom waktu kalem. Hingga saya lelah dan merasa kalau mungkin, bagaimanapun juga.. tak akan ada buah yg bisa dihasilkan.

Hingga saya kini hampir berhenti berusaha. Cukup berpura-pura kalau memang semua baik-baik saja dan keadaan akan semakin membaik dan hidup saya akan segera berubah, diselamatkan diri saya sendiri atau pangeran berkuda putih yg entah ada atau tidak. Tinggal saya kibarkan bendera putih agar nyaring dilihat orang. Menandakan saya berhenti berusaha. Tak lagi berteman dengan segala macam usaha yg pada akhirnya tak berbuah manis. Hidup ini bukan milik saya. Kalau saya tak bisa membuatnya lebih baik dari sekarang, lalu untuk apa saya.. ada?

Leave a Reply

