The Closure

The Closure

Sepagian ini saya dihujani bukan oleh tetesan air-air dari langit, tapi dari cerita teman-teman kesayangan tentang perasaan mereka yang mengganjal. Tentang maaf yang belum terucap, tentang sayang yang belum terselesaikan, tentang kecewa yang masih menggantung, tentang rasa membutuhkan sebuah closure atau penutupan. Ya, we all need, at some moment, the closure. Just so we can let go and moving on. Supaya lega-nya tidak berjalan setengah-setengah.

Mungkin kecewa atau sakit hati, mungkin perasaan suka atau sayang, mungkin maaf yang terlambat, mungkin hanya butuh menutup dengan senyum dan pelukan. Mungkin bahkan hanya saling menatap karena kata-kata tak sehebat itu untuk menerjemahkan bahasa hati. Mungkin pula hanya butuh sekedar berada dalam satu ruangan untuk tetap merasa bahwa dekat atau jauh jarak yang ada, hubungan yang ada telah berlalu dan kita bisa melalui segalanya. Tak perlu memaksa saat ini, karena mungkin belum waktunya. Mungkin nanti, waktu redup redamnya badai di hati dan pikiran. Mungkin nanti, waktu kita akan melangkah ke jalan lain. Mungkin nanti, waktu kita siap untuk melepas segala bentuk perasaan dan sudah berani untuk melihat ke belakang sebagai kenangan. Hanya untuk dikenang.

Jangan, jangan bertanya untuk apa menutup masa lalu. Karena untuk beberapa orang, penutupan itu perlu. Mungkin karena terlalu buruk sampai menakutkan. Atau karena terlalu indah hingga sekarang terlalu sakit. Atau karena terlalu tidak perlu untuk diingat dan dibiarkan menganga sisa-sisanya.

Agar melepas bukan hanya melepas momen, tapi juga melepas rindu, sayang, kecewa, sakit, perasaan bersalah, segala yang tersisa atau yang masih banyak terasa. Yes, we all need closure. Cheers.

http://about.me/aysadihardjo

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s