Marriage.

Marriage.

Image

Seperti apa sih marriage di mata perempuan berstatus seperti saya? Sebuah kebutuhan, keharusan, kewajiban atau apa? Apa yang membuat opini perempuan seperti saya dan opini perempuan yang tidak seperti saya berbeda? Bagaimana sebuah sudut pandang bisa dibentuk oleh seorang perempuan seperti saya dan oleh seorang lain yang tidak seperti saya?

Apakah marriage hanya berbatas antara “aku cinta kamu, let’s get married“? Atau ada sebuah keterpaksaan oleh keadaan yang dibalut manis kepalsuan so-called-love? Apakah seorang perempuan single parent seperti saya punya keharusan untuk menikah tanpa pikir panjang hanya karena saya tidak boleh egois dan tidak boleh mengedepankan kebaikan bersama? Okay, that was my ego speaking.

Tapi, kalau seorang pria tidak akan bisa semudah itu untuk membuat saya jatuh cinta tapi dia tepat untuk anak saya, egoiskah kalau saya memilih untuk tidak bersama pria itu? Apakah kenyamanan dan perasaan saya adalah masalah yang paling less important karena adanya anak saya dalam hidup saya? Apakah kemudian saya tidak lagi diperbolehkan untuk memilih karena saya tidak punya pilihan lagi untuk diri saya sendiri? Semua tentang Andromeda dan untuk Andromeda. Memang hidup saya berputar mengelilingi dia, tapi justru karena itulah saya ingin mempunyai seseorang yang bisa membagi adil rasanya untuk saya dan Andromeda dan dengan bahagia dan sepenuh hati bisa saya cintai setiap hari.

Saya masih mau menikah atas nama cinta. Itupun kalau sebenarnya cinta masih ada. Saya masih mau menikah dengan keadaan rela, bahagia dan tak ada beban. Bukan karena anak saya semakin besar, dia bisa menanyakan perihal Bapaknya anytime soon, bukan. Tapi karena saya dan Andromeda bisa dilengkapi dengan kehadirannya.

Dan menurut semua orang, termasuk saya, that is just too much to ask.

Leave a Reply

